Ketahui Beberapa Jenis Usaha Waralaba

Spread the love

Ketika Anda hendak memulai sebuah usaha, ada baiknya jika Anda memulai dengan mempelajari dengan detail tentang dunia usaha tersebut. Pengetahuan tersebut mungkin terlihat sangat teoritis, namun jika diperdalam sebenarnya pembelajaran secara teori tersebut dapat menunjang Anda dalam membangun sebuah usaha. Pengetahuan seputar usaha tersebut tidak harus dipelajari dibangku sekolah atau pendidikan formal lainnya, namun juga dapat Anda pelajari secara mandiri melalui internet. Kini internet jika digunakan dengan benar, maka dapat dijadikan sebagai media untuk belajar. Salah satu jenis pembelajaran yang dapat Anda perdalam sebelum memulai usaha yaitu pengetahuan seputar waralaba.

Pengertian Waralaba

Waralaba sendiri sebenarnya telah diatur oleh pemerintah Indonesia melalui undang-undang. Dalam undang-undang dijelaskan bahwa waralaba merupakan ikatan yang salah satu pihak di dalam ikatan tersebut memperoleh hal untuk memanfaatkan dan menggunakan HAKI atau hal dari kekayaan intelektual atau sebuah pertemuan yang menjadi ciri khas dari usaha tersebut yang sebenarnya dimiliki oleh orang lan dengan adanya sebuah imbalan yang ditetapkan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pengertian tersebut mungkin terlalu berbelit-belit, bagi kita yang baru saja akan mempelajari seputar waralaba mungkin menjadi suatu penyampaian yang sangat membingungkan. Pengertian atau definisi sederhana dari waralaba yaitu sebuah kontrak dalam pekerjaan yang dapat memberikan hak untuk menjual segala yang ada dalam bidang usaha tersebut, baik yang berupa produk maupun jasa. Waralaba dapat menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang hendak membuka sebuah usaha, namun masih belum berani untuk menunjukkan ide yang mereka miliki karena dibayang-bayangi kerugian yang tidak sedikit. Dengan menggunakan nama dari usaha orang lain yang sudah terlebih dahulu dikenal, maka kemungkinan mengalami kerugian dapat diminimalisir.

Jenis-Jenis Waralaba

Waralaba ternyata memiliki beberapa jenis yang dimasukkan dalam beberapa kategori. Berikut adalah beberapa jenis waralaba yang ada di Indonesia berdasarkan pada kelompoknya masing-masing.

Waralaba berdasarkan produk yang dijual

Berdasarkan kategori ini terdapat tiga jenis waralaba yang masuk dialamnya.

  1. Waralaba produk

Waralaba jenis ini merupakan waralaba yang menawarkan beberapa produk yang sudah jadi dan siap digunakan. Kelompok produk dari waralaba ini diantaranya yaitu  waralaba dalam bentuk pakaian atau makanan. Beberapa brand terkenal masuk dalam jenis waralaba ini, sebut saja miniso dan Chatime yang sudah sangat dikenal di beberapa tempat. Namun siapa sangka jika bentuk usaha tersebut ternyata masuk dalam kategori usaha waralaba.

  1. Waralaba Jasa

Dalam sebuah bisnis atau usaha, tidak hanya produk saja yang dijual namun juga jasa. Usaha dalam bidang jasa juga banyak yang masuk dalam jenis usaha waralaba sebut saja usaha atau bisnis seperti laundry, tempat kursus, tempat les, dan beberapa usaha sejenis. Contoh dari waralaba jasa diantaranya yaitu melia laundry, mom n Jo Spa, dan beberapa usaha sejenis lainnya.

  1. Waralaba Gabungan

Seperti namanya, maka sudah sangat jelas bahwa waralaba jenis ini merupakan perpaduan antara kedua jenis waralaba sebelumnya. Dalam waralaba ini tidak hanya ditawarkan jasa atau produk saja, namun juga gabungan antara keduanya. Contoh mudah dari waralaba gabungan yang sudah ada di Indonesia yakni martha tilaar slon day spa yang tidak hanya menyediakan jasa namun juga menyediakan produk yang dapat dibeli oleh konsumen atau pengunjung.

Waralaba Berdasarkan Negara Asal

Selain dikategorikan dalam jenis atau kelompok waralaba berdasarkan pada produk yang ditawarkan, namun waralaba juga ternyata dapat dikelompokkan berdasarkan dari negara asal waralaba ini. Berikut merupakan jenis waralaba berdasarkan pada negara asalnya.

  1. Waralaba Mancanegara

Seperti namanya, waralaba ini sudah dapat dipastikan bukan berasal dari Indonesia. Waralaba jenis ini berasal dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dan membuka cabang disini. Brand dari waralaba mancanegara biasanya sangat digemari masyarakat, namun waralaba jenis ini biasanya mematok harga yang cukup mahal. Diantara waralaba mancanegara yang sudah sangat terkenal yaitu McDonald, KFC, dan Miniso yang kehadirannya sangat mudah dijumpai terutama di kota-kota besar.

  1. Waralaba dalam negeri atau lokal

Waralaba jenis ini merupakan waralaba asli Indonesia yang dikelola dan diciptakan oleh pengusaha Indonesia. Jenis waralaba ini tidak banyak berfokus pada satu jenis usaha saja, namun juga banyak usaha mulai dari usaha dibidang kesehatan, makanan, sampai waralaba sejenis marketplace. Diantara waralaba dalam negeri atau waralaba lokal yang sudah banyak dikenal dan mudah dijumpai yakni alfamart, markobar, apotek K24, dan beberapa usaha lainnya yang sejenis.

Waralaba Berdasarkan International Franchise Association

Tidak disangka bahwa waralaba memiliki asosiasi internasional yang sedikit banyak memiliki andil dalam terbentuknya dan berjalannya waralaba yang ada di dunia ini. Setidaknya terdapat tiga jenis waralaba berdasarkan asosiasi internasional ini.

  1. Produk franchise

Waralaba jenis ini merupakan jenis waralaba yang didalamnya peran dari produsen sangatlah diperlukan. Produsen memberikan kontrol yang sangat dominan dalam menjalankan usaha tersebut.

  1. Manufacturing franchise

Waralaba jenis ini merupakan waralaba yang memberikan kebebasan bagi penerima hal namun penerima hal tidak boleh tahu menahu tentang bahan baku dari produk yang mereka jual. Usaha yang menggunakan sistem waralaba ini salah satunya yaitu coca cola.

  1. Bussines opportunity ventures

Waralaba ini memberikan ketentuan bahwa penerima hal harus membeli terlebih dahulu produk yang hendak dijualnya. Ketika mereka sudah membeli produk tersebut, maka mereka dapat melakukan penjualan produk dari sebuah perusahaan yang memiliki hal cipta atas produk tersebut.